Upacara Nyimpen (Penyineban)

Pura Dalem Gede Peliatan Nyimpan
Seka Gong Gurnita Sari Br.Kalah Peliatan

Upacara Penyineban atau sering disebut juga Nyimpen adalah upacara penutupan Odalan. Upacara Nyimpen Piodalan Pura Dalem Gede Peliatan kali ini, Sekaa Gong Gurnita Sari Banjar Kalah mendapat kesempatan ngayah.

Pagi-pagi suasana masih lengang, belum ada orang yang datang bersembahyang. Namun demikian sebagai wujud sebuah persembahan, gamelan pun mulai dimainkan.

Seni wali di Bali adalah sebuah persembahan kepada tuhan, dan bukan kepada manusia (penonton) sebenarnya. Tari dan Tabuh-tabuh gamelan dimainkan menghadap arah suci yaitu timur (utara, timur, atau timur laut).

Pura Dalem Gede Peliatan Nyimpan
Tari Pendet (Ritual Dance)

Makin siang suasana semakin ramai, orang-orang pun berdatangan. Rangkaian upacara ini dimulai dengan tari sakral Pependetan oleh para para Ibu-Ibu dibantu beberapa pendeta istri (perempuan).

Setelah Pependetan dan persembahayangan, sebagai rangkaian terakhir upacara Nyimpen ini dilangsungkan Ngiring Nyimpen yang dilakukan dengan parade berkeliling pura dengan perlengkapan seperti payung/tedung, tombak, 9 senjata-senjata para dewa, bebandrangan, canang rebong dan lain-lain.

Pura Dalem Gede Peliatan Nyimpan

Foto-foto ini hanya beberapa dari berbagai rangkaian upacara Nyimpen hari itu.

↑TOP↑