Spirit of Raka Rasmi – Oleg Tamulilingan (di ulang tahunnya)

Ibu Raka (Gusti Ayu Raka Rasmi) adalah Maestro Tari Oleg Tamulilingan, penari yang didaulat I Ketut Mario sebagai penari pertama Oleg Tamulilingan. Tahun ini Ibu Raka berusia 73 tahun, beliau dilahirkan pada 10 Maret 1939 di Peliatan.

Sebagai ungkapan terima kasih dan rasa hormat pada Beliau, dalam rangkaian perayaan ulang tahunnya beliau dihadiahi oleh anaknya (A.A. Istri Wirati) sebuah kado berupa pementasan khusus Tari Oleg Tamulilingan yang ditarikan oleh beberapa generasi penerus, dengan acara bertajuk “Spirit of Ibu Raka” yang sekaligus sebagai wujud terlestarikannya tari Oleg Tamulilingan style Peliatan ini.

oleg tamulilingan lesson with mayumi
Acara ini berlangsung sehari penuh pada 11 Maret 2012 di Ancak Saji Puri Agung Peliatan. Terdiri dari kegiatan workshop yang langsung diberikan oleh Ibu Raka kepada para anak didik yang telah datang dari berbagai tempat. Dan malamnya berupa pementasan oleh penari yang ditunjuk. Diiringi oleh Sekaa Gong Gunung Sari Peliatan, grup yang membawa Gusti Ayu Raka bersama-sama menuju kancah pementasan dunia.

oleg
Dalam acara ini, A.A. Istri Wirati yang juga ketua panitia acara ini mengundang beberapa sanggar untuk ikut bergabung dalam acara workshop ini. m (mayumi inouye) pun diundang dan ia menggunakan kesempatan ini untuk ikut, serta mengajak para muridnya dari Sanggar Tunas Maragawi untuk bergabung.

Anak-anak dan penari undangan begitu antusias mengikuti workshop ini, betapa tidak, Ibu Raka meskipun kini diusianya yang semakin senja, tidak meluluhkan semangatnya untuk membina dan meneruskan gerakan khas(taksu)nya kepada generasi penerusnya.

Begitu banyak hal baru yang didapat m beserta semua muridnya pada kali ini. Agem khas Peliatan yang sudah dipelajarinya dapat dimantapkannya lagi.

Kegiatan seperti ini sangat patut untuk diapresiasi tinggi, demi ajeg dan lestarinya kesenian Bali.

Terima kasih Ibu Raka!

↑TOP↑