Dolanan dan Paduan Suara SD 3 Peliatan

Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna PKTP 2012 Bali

Dolanan dan Paduan Suara SD 3 Peliatan.
Dipentaskan dalam rangkaian Lomba Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) Tingkat Provinsi Bali 2012.

Acara ini sebagai kegiatan pengenalan sejak dini Kanker dan penyebabnya. Salah satunya adalah asap rokok (Kanker Paru Paru). Pementasan kreasi seni ini dilakukan sekaligus mengkampanyekan kepada anak-anak sadar sejak dini akan bahaya asap rokok, mengingat jumlah perokok dibawah umur di Bali yang terus meningkat dan sangat mengkawatirkan.

Pementasan kreasi seni siswa-siswi SD 3 Peliatan ini terbagi kedalam dua jenis pamentasan yaitu Dolanan dan Paduan Suara. “Dolanan” adalah sebuah tari anak-anak yang menggabungkan unsur tari, lagu anak, dan permainan. Melalui Dolanan ini apa yang menjadi pesan yang akan disampaikan akan dapat lebih mudah dipahami oleh anak-anak.

Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna PKTP 2012 Bali

Saya sangat senang dengan penampilan mereka yang dengan begitu bebas mengekspresikan dialognya, berbalut dialog humor yang secara tidak langsung menyampaikan pesan akan bahaya asap rokok, baik untuk mereka sendiri dan kepada penonton. Dialog Dolanan ini ditata oleh seorang seniman muda asal Teges Kanginan Peliatan, Kertayasa Boborai, bekerjasama dengan saya yang dipercaya sebagai penata iringan dan Mayumi Inouye sebagai penata gerak tari.

Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna PKTP 2012 Bali

Selain Dolanan, juga dipentaskan Paduan Suara, dengan sebuah lagu baru berjudul “Bersih dan Sehat Tanpa Asap Rokok”, dengan aransemen Kolaborasi Gamelan dan Piano.
Untuk lebih memahami pesan yang disampaikan melalui lagu ini, dalam penampilannya disertai gerak tubuh dengan koreografi sederhana.

——————————
“Bersih Dan Sehat Tanpa Asap Rokok”

Cipta: Kadek Ferry
Aransemen (Piano & Gamelan): Kadek Ferry
Penata Gerak: Mayumi Inouye

Grup Paduan Suara: Siswa-Siswi SD 3 Peliatan
Grup Gamelan: Siswa SD 3 Peliatan

Syair:
Ayo kawan, hidup bersih dan sehat!
Cuci tangan sebelum makan
Jajan yang sehat di kantin sekolah
Slalu buang sampah pada tempatnya

Ingat kawan, ingat, ingat semua!
Bersih sehat setiap saat
Jauhkan dirimu dari asap rokok
Katakan tidak pada rokok

Hai kawan! semua, dengarlah kami
Hai kawan! semua, ingat slalu Bersih dan Sehat
———————————–

Puji syukurku kepadaNYA. Penampilan mereka berlangsung dengan baik disertai senyum-canda-tawa yang begitu murni dalam dunia mereka.

Semoga pesan yang disampaikan melalui karya ini dapat dipahami dan dilaksanakan dengan baik menuju Anak Indonesia yang Sehat, Santun, dan Cerdas.

Salam Anak Indonesia!

↑TOP↑