APEC 2013 Bali – Pentas gbs

APEC 2013
Genta Bhuana Sari musicians, I Wayan Sudana (left), and f

Indonesia adalah tuan rumah KTT APEC 2013. KTT ini diadakan di Nusa Dua Bali. Dalam rangkaian kegiatan KTT APEC ini dipentaskan berbagai pertunjukan tari, musik, dan lagu. Oleh karena Indonesia sebagai tuan rumah, kesenian yang ditampilkan dalam acara ini merupakan sebuah representasi bangsa. Representasi sebuah bangsa yang besar yang kaya akan seni budaya.

APEC 2013
Presiden Republik Indonesia (Susilo Bambang Yudhoyono)
sebelum pementasan memberikan pengarahan kepada
semua seniman dan artis yang akan tampil

Saat berlangsungnya APEC Gala Dinner f (kadek ferry) bersama grup Genta Bhuana Sari menampilkan tari Barong Rangda Bali berkolaborasi dengan Barongsai China. Kolaborasi pementasan ini begitu apik dan para tamu delegasi negara tampak terhibur dan mengapresiasi pementasan ini. Namun sayangnya f tidak sempat mengabadikan foto pementasan ini, karena ia terlibat sebagai pemain gamelan.

Selain tari Bali-China, saat itu juga dipentaskan tari Wira Pertiwi dari Jawa. Tarian ini ditarikan oleh penari-penari putri yang menggambarkan kelihaian prajurit pemanah, meskipun seorang prajurit namun mereka memiliki sisi feminim juga. Mereka adalah para “Srikandi Indonesia.”

APEC 2013
Wira Pertiwi dancers from Jawa

Menurut salah seorang seniman gamelannya, tari Wira Pertiwi ini adalah tarian kesukaan Ibu Negara Ani Yudhoyono, dan sering dipentaskan dalam acara kenegaraan di Istana Presiden Jakarta.

Dalam acara APEC Gala Dinner ini selain tari ditampilkan juga karya musik dan lagu yang dinyanyikan oleh para artis ibu kota. Selain lagu-lagu daerah nusantara, mereka juga menampilkan lagu-lagu yang populer dari negara-negara peserta KTT APEC yang hadir. Seperti lagu dari Thailand “Loy Krathong,” Ha Noi Mua La Bay (Vietnam), El Condor Pasa (Peru), Ue o Muite Arukō (Japan), dan lagu dari Rusia, Meksiko, China, dan masih banyak dari negara lainnya lagi. Wah semuanya bagus-bagus! Grup pengiring lagu ini adalah dari Erwin Gutawa Orchestra.

APEC 2013
f poses with Mas Erwin Gutawa

Selamat atas penyelenggaraan KTT APEC Bali 2013 !

↑TOP↑