Baju Safari – Busana Adat Tradisional Bali

Pada busana Adat Bali para cowok mengenakan model baju-safari, sedangkan cewek memakai baju Kebaya seperti pada beberapa daerah lainnya di Indonesia.

Ketika pemain gamelan Bali pentas, umumnya pakaian adat jenis ini dipakai sebagai kostum grup.

Suatu hari anggota penabuh Sekaa Gong Pemaksan Pura Dalem Gede Peliatan diminta datang ke Pura Dalem dan disana sudah bersiap seorang tukang jahit. Para penabuh ini menunggu giliran untuk pengukuran badan. Kali ini sekaa gong buat baju safari baru!! Horeeee!!

Baju Safari - Pakaian adat pria Bali

Memilih warna dan bahan kain dari buku contoh, semua tampak serius. Cowok Bali, mereka cukup serius dalam penentuan tata kostum penabuh mulai dari baju-safari, pemilihan jenis kain, saput, serta udeng.

Baju Safari - Pakaian adat pria Bali

Semua penabuh ada sekitar 30an masing-masing orang diukur mulai dari bahu, panjang lengan, lingkar dada, pinggang, sampai pada pergelangan tangan.

Baju Safari - Pakaian adat pria Bali

Tukang jahit mencatat dengan detail hasil pengukurannya. Kerja yang penuh tanggung jawab.

Baju Safari - Pakaian adat pria Bali

Dua bulan kemudian semua baju-safari pun sudah jadi. Baju safari dengan kain warna coklat tua yang dipilih. Wow, Ganteng kan?! Baju safari ini pertama kali dipakai pada pementasan ngayah saat upacara Karya Ngusaba Desa Pura Agung Peliatan

Baju Safari - Pakaian adat pria Bali
Baju Safari – Pakaian adat pria Bali

Bapak yang memakai baju safari di foto ini, yang juga orang yang diukur di photo diatas adalah Kelihan Banjar tempat dimana f studio berlokasi. Selain itu beliau juga adalah salah satu penabuh di sekaa ini.

Matur suksma!

↑TOP↑