Dancing Under the Sky – Book Launch dan Pameran Art

Pada Juli 2012, melalui seorang teman, Eka Partama, kami dikenalkan dengan seorang penulis asal Australia, Nell Jones. Ia adalah penulis Novel “The Lost Sister of Groningen”. Dalam perbincangan kami merencanakan sebuah event Art Exhibition dan Peluncuran Buku di Ubud, dimana dalam event kali ini ia akan me-Launching Buku Puisi “The Sky is My Religion”.

(Liputan acara ini telah disiarkan di Bali TV pada Maret 2013, dalam sebuah program tentang seni rupa “Ruang Perupa”)

Dancing Under the Sky 2012 Ubud

Atas rencana ini, I Wayan Meja, pelukis yang sekaligus salah satu penggagas acara ini mempertemukan sejumlah seniman lainnya, terdiri dari seniman lukis, patung, musisi, dan koreografer. Diantaranya Gusti Putu Suteja (pelukis), Nell Jones (penulis), Eka Partama (pelukis), I Wayan Wina (pematung), Agus Astradi (desain grafis), Mega Sari (pelukis), Mayumi Inouye (penari & koreografer) dan Kadek Ferry (musisi). Dan atas dukungan Gusti Putu Suteja pertemuan pun dilangsungkan di Dewangga Gallery, tempat dimana event ini akan berlangsung.

Dari hasil pertemuan ini disepakati bahwa event ini akan dilangsungkan sebulan penuh pada bulan Oktober 2012, dan Grand Opening dilakukan pada Tanggal 4 Oktober 2012. Dengan judul event “Dancing Under The Sky”. Seluruh seniman pun mulai mempersiapkan karyanya, artis lain yang juga ikut dalam acara ini adalah Malcolm Jones (pelukis), dan Margie Beale.

Sesuai dengan tema dan konsep acara, kami (f&m) pun dipercaya untuk menyiapkan sebuah konsep Produksi Grand Opening, mulai dari seremonial pembukaan, pertunjukan tari, musik, gamelan, serta puisi. Khusus pada pertunjukannya kami menata sebuah karya baru, terdiri dari sebuah garapan tari Pembuka yang dikoreografi oleh Mayumi Inoue ( m ), dan dengan iringan gamelan Gegenderan dan musik Piano tunggal dan suling yang saya ( f ) tata sendiri. Pertunjukan ini adalah satu kesatuan, diawali dengan prosesi parade seluruh artis dilanjutkan dengan tari penyambutan “Dancing Under The Sky” dan pertunjukan puisi “The Sky is Broken” yang dibawakan oleh Nell Jones.

Disisi lain sebagai bagian dari seremonial, juga ditampilkan barisan 7 anak-anak pagar ayu di tangga “Stairway to The Sky”, sebagai pengantar para undangan menuju Gallery Pameran, dengan desain kostum khusus, oleh Mayumi Inoue ( m ).

Grand Opening “Dancing Under the Sky” dibuka oleh Libby Hathorn, seorang penulis asal Australia, yang juga adalah Duta Membaca Nasional Australia 2012 (Australia National Ambassador for Reading 2012). Acara ini dibuka ditandai dengan pemukulan Kul-Kul oleh Libby Hathorn, didampingi Nell Jones, yang kemudian diikuti dengan permainan Bamboo Percussion oleh para musisi.

Dancing Under the Sky 2012 Ubud

Setelah Grand Opening 4 oktober, pada hari – hari berikutnya 6 – 8 Oktober, setiap harinya pada jam 2 siang dan 6 sore, juga dilakukan pementasan puisi oleh Nell Jones, yang dilakukan di Galeri dan di halaman depan Dewangga Gallery, Ubud. Dimana pada setiap pertunjukan puisi disertai sebuah tarian yang juga dikoreografi oleh Mayumi Inoue ( m ), dan pada beberapa puisi ditarikan duet bersama Ade..

5 Oktober – “Blazing Star”
6 Oktober – “The Sky is My Religion & Northern Towers”
7 Oktober – “The Sky is Broken”
8 Oktober – “Blazing Star”

Pameran lukisan dan patung masih berlangsung sampai 30 Oktober 2012, di Dewangga Gallery, Ubud, Bali.

Puji syukur karena Grand Opening dan pementasan berlangsung dengan baik, serta rasa terima kasih kami kepada semua pihak yang terlibat, seluruh seniman Bali, dan teman-teman dari Australia.
“Dancing Under The Sky”

Matur Suksma! (Terima Kasih)

↑TOP↑