Pementasan Dewi Sri Setiap Hari Minggu Malam

Musim ini f (kadek ferry) dan m (mayumi inouye) bersama Sanggar Dewi Sri telah memulai debut pentasnya yakni berupa pementasan rutin “Legong and Barong Dance With Gamelan Semara Pegulingan” setiap hari Minggu jam 7.30 malam di Bebek Tepi Sawah Stage, Teges Peliatan Ubud.

Sunday Evening Performance by Dewi Sri
Sunday Evening Performance by Dewi Sri

Pementasan rutin ini dilakukan sebagai salah satu usaha pelestarian kesenian tari dan tabuh-tabuh klasik Semara Pegulingan dengan para seniman tabuh dan tari dari berbagai generasi seniman maestro Peliatan hingga ke generasi muda.

Sunday Evening Performance by Dewi Sri
Sunday Evening Performance by Dewi Sri


Sekaa Gong Semara Pegulingan Dewi Sri
Program Pementasan:

1. Prosesi Pawai Pembukaan
Pementasan ini diawali dengan sebuah prosesi pawai pembukaan oleh seluruh penabuh dan beberapa penari. Yang unik disini adalah para penabuh memainkan alat yang terbuat dari bambu yaitu “kepuakan“. Alat ini adalah alat bunyi-bunyian yang sering digunakan para petani di Bali untuk menghalau burung di sawah ketika jelang musim panen. Permainan alat ini ditata sedemikian rupa menjadi sebuah orkes sederhana berpawai dari kejauhan menuju panggung utama. Panggung utamanya pun nampak begitu asri, serasa menyatu dengan alam, dikelilingi persawahan, dan, wahhh… sesekali suara kodok pun terdengar ikut bernyanyi.

2. Tabuh Adrah
Setelah prosesi menuju panggung, sebagai instrumental pembuka dipentaskan tabuh Adrah. Selain tabuh ini ada beberapa pilihan tabuh lainnya yang kadang dipentaskan seperti Sekar Gendot dan Tabuh Solo. Instrumental ini semua adalah karya-karya klasik tabuh gamelan Semara Pegulingan.

3. Tari Pendet
Tari penyambutan Pendet Peliatan

4. Tari Legong Lasem
Tari dengan kisah Prabu Lasem dengan Putri Rangkesari. Ditarikan oleh dua penari Legong Peliatan yang aktif sejak era 1970an, Ibu Nyoman Sulasih dan Ibu Murni. Serta m sebagai Condong.

5. Tari Baris

6. Tari Legong Kuntul
Tari tentang sekelompok burung kuntul putih. Ditarikan oleh 6 penari anak-anak generasi muda dengan tata busana putih kuning.

7. Tabuh Gambang Kuta (Instrumental)

8. Tari Topeng Suryak
Tari Topeng kreasi dengan 6 orang penari anak laki-laki generasi muda dengan karakter topeng yang lucu dan enerjik. Ide karya diadaptasi dari tari Topeng Niko, dan karakter topeng dari Topeng Bondres Bali.

9. Tari Barong & Rangda


Kalau anda ada di Bali pada hari MINGGU malam, silakan mengunjungi pementasan kami. Semoga berkenan.

Sunday Evening Performance by Dewi Sri
Tempat panggung pementasan Dewi Sri dengan pemandangan nan hijau

Matur Suksma! Terima Kasih!

↑TOP↑