Majelis Pertimbangaan & Pembinaan Kebudayaan-Listibya Ubud

Drama Gong of SMK N 1 Mas
Pembinaan Drama Gong of SMK N 1 Mas

Listibya, adalah sebuah lembaga pembinaan kesenian yang salah satu tugas pokoknya adalah memberikan pembinaan terhadap berbagai pementasan kesenian Bali. Lembaga ini dibentuk tahun 1967, pada jaman Gubernur Ida Bagus Mantra (penggagas Pesta Kesenian Bali PKB). Ketika itu selain melakukan pembinaan ke desa – desa, secara khusus lembaga ini juga bertugas memberikan pembinaan kepada sanggar – sanggar seni ataupun sekaa – sekaa yang akan tampil dalam Pesta Kesenian Bali (PKB).

Seiring perkembangannya dan semakin meningkatnya kebutuhan akan seni pertunjukan sampai pada untuk mendukung kegiatan kepariwisataan dan misi kesenian ke luar negeri, lembaga ini pun sangat berperan didalamnya. Dimana ia melakukan pembinaan untuk menjaga kualitas sebuah pementasan, dengan penerbitan sebuah plakat “Parama Patrem Budaya”.

Untuk lebih menjangkau semua daerah di Bali yang memiliki daerah kantong-kantong kebudayaan yang sangat banyak, Listibya ini pun dibentuk di tingkat kabupaten dan kecamatan.

Drama Gong of SMK N 1 Mas
Pembinaan Fragmen Tari

Kecamatan Ubud merupakan sentra pariwisata di kabupaten Gianyar dan salah satu kecamatan yang memiliki banyak potensi seni. f (kadek ferry) adalah salah satu anggota dari Listibya Kecamatan Ubud. Umur yang masih relaitf muda dan pengalaman yang terbatas untuk menjadi seorang anggota Listibya, namun ia mengatakan bahwa dengan ikut aktif dalam lembaga ini ia juga dapat belajar lebih dalam tentang kebudayaan, karena dalam lembaga ini terdiri dari banyak sub bidang kebudayaan yang saling berkaitan, seperti sastra, agama, tari, karawitan, lukis, musik, patung, dan lainnya.

Pemeran Liku
Pemeran Liku – Drama Gong SMK 1 Mas

Dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir Listibya Kecamatan Ubud beberapa kali telah melakukan kunjungan dan pembinaan. Dan yang saat ini sedang berlangsung adalah pembinaan kepada siswa-siswi dari SMKN 1 Mas yang akan menjadi duta Kecamatan Ubud dalam Festival Drama Gong Remaja Kabupaten Gianyar. Para pelatih dan pembina dalam persiapan ini adalah para mantan serta seniman senior Drama Gong.

Drama Gong of SMK N 1 Mas
Drama Gong of SMK N 1 Mas

Sebelum tampil lomba di tingkat Kabupaten, Grup Drama Gong Remaja dari SMK N 1Mas ini akan melakukan beberapa kali pementasan untuk pembinaan dan uji coba, yakni pentas Ngayah pada 22 November di Pura Taman Limut Pengosekan dan 28 November di Pura Dalem Sayan. Sedangkan Pementasan Penilaian Lomba dilakukan pada 1 Desember 2012, di Pura Desa Mas.

Drama Gong of SMK N 1 Mas
Pemeran Parekan – Drama Gong SMK N 1 Mas

Kegiatan Festival Drama Gong Remaja ini sangat bagus, selain sebagai drama tari Bali, kegiatan ini sangat berdampak positif terhadap Pelestarian Basa Bali (Bahasa Bali) yang saat ini semakin kurang diminati para remaja Bali.

Saya berharap semoga mereka dapat tampil dengan baik, dan seni budaya Bali tetap ajeg dan lestari.

↑TOP↑