Pementasan Malam Tahun Baru 2014

Polosseni New Year Performancs 2013-2014 AmaNusa Resort Nusa Dua Bali
Dance and music collaboration by Polosseni Group at Nusa Dua, Bali

Pada Pementasan Malam Tahun Baru 2014 grup Polosseni menjadi sebuah grup internasional dimana seorang penari dari Amerika dan Meksiko ikut bergabung didalamnya. Jumlah seniman yang tampil ketika itu adalah 12 orang yang terdiri dari 8 orang seniman Bali dan 4 orang seniman mancanegara. Alat musik yang digunakan oleh grup Polosseni dalam pementasan ini adalah Piano, Seruling Bali, Gong, Kajar, Kendang, Gamelan Bali, dan Gamelan Jawa.

Polosseni New Year Performancs 2013-2014 AmaNusa Resort Nusa Dua Bali
f (kadek ferry) on Piano

Biasanya m (mayumi inouye) menari dengan penari tari Bali, namun kali ini untuk pertama kalinya ia menari dengan penari kontemporer profesional. Mereka adalah Bonnie Simoa dari Amerika dan José Navarrete dari Meksiko.

Polosseni New Year Performancs 2013-2014 AmaNusa Resort Nusa Dua Bali
Latihan pertama

Kami pertama kali bertemu mereka pada 20 Desember 2013. Untuk garapan tari kontemporer ini grup Polosseni telah menyiapkan medley 3 lagu yang dijadikan iringannya. Saat pertemuan pertama latihannya, sambil mendengarkan iringannya para penari mulai membuat koreografi sesuai dengan irama, perasaan, dan imajinasi mereka. Di awal latihan ini kami juga mendapatkan pengarahan dari teman mereka yang kebetulan hadir saat itu yaitu Mr. Jose Maria untuk sebuah bentuk tari.

Polosseni New Year Performancs 2013-2014 AmaNusa Resort Nusa Dua Bali
wah sulitnya tari modern,,,
Latihan ketiga

Bagi m tentu ini sulit, membuat gerakan tari kontemporer, walaupun ia bergerak dengan iringan musik modern, yaa, jadinya tari Bali deh. Jadi dia hanya bisa meniru dan mengikuti gerakan Bonnie dan José. Ia melakukannya dengan penuh perhatian agar tidak bertabrakan dengan mereka, hahaha. Tetapi mereka semua dapat melakukannya dengan baik.

Waktu latihannya cukup terbatas, dari 7 kali jadwal latihan hanya efektif 2 kali dengan kehadiran musisi dan seniman yang lengkap. Karena jelang Natal dan tahun baru banyak anggota dari seniman Bali ada kesibukan pentas bersama grupnya masing-masing. Selain itu juga pada minggu tersebut bertepatan dengan beberapa upacara agama dan kegiatan pentas ngayah di Pura dan kebanyakan dari mereka terlibat didalamnya.

Beberapa hari sebelum pementasan, para penari merancang kostumnya dengan bentuk desain kesukaan masing-masing. Oleh karena menggunakan jenis dan motif kain yang sama hasilnya pun menjadi satu kesatuan. Simpel dan sesuai dengan jenis karakater yang akan ditampilkan setiap penari.

Polosseni New Year Performancs 2013-2014 AmaNusa Resort Nusa Dua Bali
The costumes

Polosseni New Year Performancs 2013-2014 AmaNusa Resort Nusa Dua Bali
Trying the costume on rehearsal

Pada malam pementasan tersebut, grup Polosseni pentas dalam dua sesi yang berbeda. Pementasan sesi pertama adalah pementasan kolaborasi musik dan tari yang mementaskan Tari Nelayan dan Tari Semara Ratih (cerita Kala Rau) yang ditarikan oleh I Made Djimat dan m (mayumi inouye).

Pada sesi berikutnya dipentaskan Contemporary Dance oleh grup Polosseni Internasional dengan semua penarinya. Bonnie Simoa, José Navarrete, I Made Djimat, dan m .

New Year’s Eve Performance 2014 tidak hanya mementaskan kolaborasi musik dan tari kontemporer saja, berbagai jenis tari Bali juga dipentaskan. Seperti dua jenis tari Legong klasik dengan iringan gamelan Semara Pegulingan, JogCak (kolaborasi gamelan Jegog dengan Kecak), Baleganjur, Barong Landung, Barong Ket, dan Joged Bumbung. Pementasan pada malam Tahun Baru 2014 kali ini adalah pementasan kesenian yang panjang, berlangsung dari jam 18:00 sampai 24:30.

Pementasan ini sukses berkat kerjasama yang baik semua penari dan musisi.
Sungguh ini sebuah pengalaman yang baru!

Polosseni New Year Performancs 2013-2014 AmaNusa Resort Nusa Dua Bali
Happy New Year!

Terima Kasih! Matur Suksma!
Selamat Tahun Baru 2014!

Bonnie Simoa

Bonnie Simoa

Bonnie Simoa from Bonnie Simoa Dance Company

Bonnie Simoa was born and raised in California. She received her Master of Fine Arts in Dance with emphasis in Choreography and Performance from Mills College in Oakland in 1990, and is a certified Continuum Movement teacher.
In 1990, she formed the Bonnie Simoa Dance Company, with performances throughout California, in Germany and Indonesia.
In 1996, Bonnie began her regular travels to Indonesia where she studied traditional dances of Bali and Indonesia.
Bonnie has taught in colleges, universities and in the community since 1990 and has created over 25 dance works. Bonnie is Lead Dance Faculty at Lane Community College.

Source: http://www.lanecc.edu

José Navarrete

Jose Navarrete

José Navarrete from Navarrete x Kajiyama Dance Company

José Navarrete is a native of México City. He studied theater at the National Actors Association’s Institute Soler and dance at the National Institute of Fine Arts in México.

His choreographic work has also received two nominations for the Isadora Duncan award in choreography and performance.

In 2004, he was awarded a Bessie Schönberg Choreographers residency at The Yard and a Djerassi Resident Artist Program fellowship.

He has a B.A. in Anthropology from UC Berkeley, and an MFA in Dance from Mills College.

since 2001 Navarrete choreographs and performs as part of Navarrete x Kajiyama Dance Company and also teaches dance to youth in YBCA’s Young Artists at Work program.

Source:http://www.nkdancetheater.com

↑TOP↑