Rejang Dewa Masal

alt="Rejang Dewa Masal"

Rejang Dewa di Pura Desa Peliatan, 8 Oktober 2014

Sanggar Tari Tunas Maragawi Banjar Kalah ngayah menari Rejang Dewa di Pura Desa dan Puseh Peliatan saat Odalan Tanggal 8 Oktober 2014. Kali ini penarinya adalah masal, berjumlah 40 orang anak.

alt="Rejang Dewa Masal"

Rejang Dewa di Pura Puseh Peliatan, 8 Oktober 2014

Jumlah penari yang diminta dari panitia pura adalah 40 orang anak. Sanggar Tari Tunas Maragawi memiliki penari sekitar 30 orang, masih kurang 10 orang,,,
m (mayumi inouye) meminta para muridnya dari Sanggar ini untuk mengajak saudara kecil atau tetangga mereka bergabung ngayah Rejang Dewa masal ini.

Syukurlah! Akhirnya kami mendapat 40 penari dari usia TK sampai SMP. Beberapa kali mereka telah dilatih di Banjar dan mereka begitu semangat untuk ngayah!

alt="Rejang Dewa Masal"

Saat latihan, untuk membantu menghafal gerakannya, Penari usia SD dan SMP membantu memegang satu penari usia TK. 5 Oktober 2014 di Banjar Kalah Peliatan

Di Peliatan Pura Desa dan Puseh ada dalam satu kawasan. Sebelumnya panitia Pura merencakan membagi para penari menjadi dua kelompok besar yang masing-masing terdiri dari 20 orang untuk ngayah di Pura Desa, dan 20 lagi di Pura Puseh.

Ngayah Rejang kali ini diringi oleh gamelan Sekaa Gong Gurnita Sari Banjar Kalah dengan para penabuh yang tiada lain adalah anggota keluarga mereka, ayah-ayah, dan kakek-kakek mereka.

alt="Rejang Dewa Masal"

Upacara Natab untuk Penari yang akan ngayah menari di Pura Desa

alt="Rejang Dewa Masal"

Upacara Natab untuk Penari yang akan ngayah menari di Pura Puseh

alt="Rejang Dewa Masal"

m sedang sibuk-sibuk mengatur posisi dan urutan para penarinya

Namun akhirnya semua penari digabung, mereka dua kali berkesempatan ngayah. Ketika ritual di Pura Puseh dimulai ke 40 penari ini ngayah tari Rejang disana, dan sesaat setelah itu dilanjutkan dengan ritual dan menari di pura Desa. Mereka tampak senang dapat ngayah di kedua Pura.

Jadinya ramai,,, Wah!!!

alt="Rejang Dewa Masal"

Istirahat menunggu dimulainya ritual dan menari

alt="Rejang Dewa Masal"

Rejang Dewa di Pura Puseh Peliatan 8 Oktober 2014. Wow ramainya!

↑TOP↑