Tunas Maragawi Ngayah Gamelan::di Pura Dalem Gede Peliatan

alt="Tunas Maragawi Ngayah Gamelan::di Pura Dalem Gede Peliatan"
Sekaa Gong Alit-Alit Istri Tunas Maragawi Banjar Kalah
@ f studio usai ngayah dari Pura Dalem Gede Peliatan
Salam !!

Setelah sebelumnya pentas ngayah megambel saat Odalan di Pura Catur Bhuana Banjar Kalah, kini Sanggar Gamelan Alit-Alit Istri Tunas Maragawi kembali mendapat kesempatan ngayah. Kali ini di Pura Dalem Gede Peliatan.

alt="Tunas Maragawi Ngayah Gamelan::di Pura Dalem Gede Peliatan"
Pagi yang cerah!
Jalan bareng menuju Pura

Upacara Odalan di Pura ini berlangsung selama lima hari. Tunas Maragawi mendapat kesempatan ngayah pada upacara Penyineban yaitu hari penutupan pada hari kelima di pagi harinya.

alt="Tunas Maragawi Ngayah Gamelan::di Pura Dalem Gede Peliatan"
Nunas Tirta Pengelukatan sebelum masuk Pura

– Alat/ Instrument Gamelan –
Seperti pada Odalan-Odalan sebelumnya, selama satu minggu rangkaian upacara ini, diperlukan satu barungan atau seperangkat alat gamelan yang akan ditempatkan pada Bale Gong yaitu sebuah bangunan khusus tempat gamelan dimainkan di Jeroan (area terdalam Pura), dimana kali ini gamelan yang dipakai adalah gamelan milik Banjar Kalah. Jadi selama satu minggu penuh anak-anak Tunas Maragawi tidak akan dapat menggunakan gamelan ini untuk kegiatan latihan mereka di Banjar.

Jelang pentas tidak ada latihan selama seminggu dan langsung pentas? Mungkin ini agak sulit bagi mereka karena masih pemula, lagipula ada beberapa lagu yang mereka belum sepenuhnya hafal, seperti tabuh Adrah, tabuh Kakang Kakang dan Pengawak Tari Pendet Peliatan.

Akhirnya mereka kami ajak ke Sanggar Dewi Sri, sanggar dimana f (kadek ferry) dan m (mayumi inouye) bergabung. Disana kami didukung dan diijinkan oleh pimpinan sanggar untuk menggunakan sarana gamelan yang ada.

alt="Tunas Maragawi Ngayah Gamelan::di Pura Dalem Gede Peliatan"
Biasanya latihan gamelannya di Bale Banjar, namun kali ini jauh-jauh
datang ke sanggar dengan sepeda gayung bareng temen

Ketika pertama kali melihat gamelannya anak-anak tampak bingung karena jenisnya Semara Pegulingan, berbeda dengan yang biasanya mereka mainkan di Banjar Kalah. Namun mereka tidak butuh waktu lama untuk menyesuaikan dan bisa memainkannya. Ya, latihannya pun lancar. Latihan dengan gamelan Semara Pegulingan ini adalah sebuah pengalaman baru bagi mereka.

alt="Tunas Maragawi Ngayah Gamelan::di Pura Dalem Gede Peliatan"
Latihan dengan gamelan Semara Pegulingan
Kalau dapat snack dan minuman latihannya jadi tambah semangat.
Minta lagi donk!!

Hasil pentas ngayah mereka pun baik dan sesuai harapan. Sanggar Gamalen Alit-Alit Istri Tunas Maragawi ngayah beberapa tabuh-tabuh Semara Pegulingan dan mengiringi tari Pendet Wali (sakral).

Puji syukur semua berlangsung lancar.
Matur Suksma !

↑TOP↑