Go! Go! Sri Padma!!

Tepat di bulan ini sejak tahun kemarin murid kami aktif menari di beberapa pementasan rutin di Ubud.

Di tahun-tahun sebelumnya mereka menari di lingkungan Banjar dan aktif bersama grup Dewi Sri, namun setelah beberapa waktu mereka juga bergabung pentas dengan grup-grup lain.

Saya sangat beryukur dan berterima kasih karena murid saya dipercaya dan diajak untuk bergabung dengan grup-grup lain. Hal ini membuat saya semakin percaya diri dan termotivasi untuk tetap melanjutkan kegiatan Sri Padma yaitu melatih dan memberikan pembinaan tari Bali kepada anak-anak generasi muda.

Saya melatih dan membesarkan penari yang akhirnya mereka dipercaya dan diundang bergabung oleh pihak grup luar. Pencapaian ini tidak serta merta karena usaha sang Guru saja, tetapi yang lebih penting adalah motivasi, semangat, serta usaha yang dilakukan para murid itu sendiri untuk belajar tari.

Malam tadi ada beberapa murid yang pentas tari untuk pertama kalinya bersama grup Gunung Sari Peliatan. Coba perhatikan foto ini! Dia kelihatan masih agak tegang dan senyumnya sedikit kaku ya. Ini adalah salah satu peroses baru harus ditempuhnya untuk nanti dia bisa tampil lebih maksimal lagi.

Go! Go! Sri Padma!!

Tari Pendet, debut pentas bersama grup Gunung Sari Peliatan!

Ngomong-ngomong, akhir-akhir ini murid-murid saya cukup sering diminta untuk menari tari Legong untuk sebuah pementasan rutin.

Penari yang tahun lalu pernah pentas debut Legong bersama grup ini dan penari yang ada di foto dibawah ini adalah “pasangan”. Saya sudah mengajar mereka sejak kecil, dan setiap latihan tari Legong mereka selalu berpasangan. Mereka memiliki kekompakan dan kemiripan gerak dan cocok dengan karakter tari yang dibawakan.

Sekarang, meskipun mereka lebih sering tampil terpisah dan menjadi penari pengganti dalam sebuah pementasan Legong rutin, tetapi saya berharap suatu saat akan datang hari dimana mereka kembali bisa membawakan tari Legong secara berpasangan dalam sebuah pementasan rutin, baik di grup ini ataupun grup-grup lainnya.

Go! Go! Sri Padma!!

Putri Rangkesari

Saya akan terus berusaha dan melakukan yang terbaik untuk membina generasi baru demi masa depan kelestarian tari Legong.

↑TOP↑