Odalan di Pura Catur Bhuana::Br. Kalah Peliatan: Okt 2017

Odalan di Pura Catur Bhuana::Br. Kalah Peliatan: Okt 2017

Debut in Condong Dance! 7 October, 2017

Baru saja kemarin malam kami pentas ngayah di Pura Desa dan Puseh Peliatan, dan malam ini kami juga pentas ngayah untuk Odalan di Pura Catur Bhuana Banjar Kalah, pura banjar tempat dimana kami tinggal.

Pentas kami kemarin malam adalah pentas debut perdana dua murid kami penari Lagong Lasem, dan malam ini adalah juga debut perdana seorang penari cilik lainnya dari grup Sri Padma. Tari Condong Legong. Dia menarikannya dengan baik dan dengan ekspresi wajah yang bagus juga, tetapi ada bagian dari gerakan Garuda yang belum sepenuhnya dikuasainya, jadi seorang penari Condong lain juga diikutsertakan tampil.

Iringan gamelannya adalah dari grup sekaa Pemuda seperti pementasan ngayah kemarin.

Odalan di Pura Catur Bhuana::Br. Kalah Peliatan: Okt 2017

“Hmmm, keponakan saya yang mana ya? Dua-duanya cantik!”
(Salah satu penari Condong ini adalah anggota keluarga dari Pendeta ini (Jero Mangku Pura Bayung).

Tidakkah mereka punya kemiripan? Mereka memiliki aura yang sama!
Di saat latihan khusus, saya selalu melatih secara bersamaan kepada dua orang anak dan akan selalu berusaha melahirkan generasi baru calon penari Legong.

Tak selalu apa yang direncakan dan dipersiapkan bisa berjalan sesuai harapan. Saat Odalan kali ini banyak anak-anak tidak berkesempatan ngayah menari karena ada perubahan program tari, padahal mereka sudah cukup lama latihan mempersiapkannya.
Namun kami menjadikan ini sebuah motivasi agar dikemudian hari bisa lebih baik dan tegar demi ajeg seni Bali!
Matur Suksma!

↑TOP↑