Latihan Tari Menggunakan Kipas

Akhir-akhir ini saya mulai memfokuskan melatih anak-anak bagaimana menari menggunakan Kipas. Dalam bahasa Bali Kipas disebut Kepet.

Murid-murid saya biasanya membawa jenis Kipas sederhana yang dibelinya dari toko oleh-oleh. Namun dalam latihan kali ini mereka akan menggunakan jenis Kipas yang dipakai khusus untuk menari.

Dari sisi ukurannya Kipas tari ini berbeda. Bagian pegangannya lebih tebal, kain yang digunakan pun berbeda hingga membuatnya lebih berat.

Latihan Tari Menggunakan Kipas

Latihan menggunakan Kipas (Kepet)

Murid-murid saya yang dari kelompok umur lebih besar kelihatan sudah terbiasa dan bahkan semakin baik menggunakan Kipasnya, terlebih mereka sudah cukup sering mendapat kesempatan menari Rejang Renteng dimana Kipas adalah properti utama yang dipakai dalam tarian ini.

Di masa mendatang saya ingin gadis-gadis kecil ini mewarisi tari Legong Sri Padma, tari Legong karya saya m bersama f . Untuk beberapa gerakan yang sulit akan memerlukan usaha keras dan latihan khusus seperti gerakan “ngelayak” atau kayang. Saya akan melakukan yang terbaik untuk mereka!

Latihan Tari Menggunakan Kipas

Murid kelompok umur kecil dengan Kipas besarnya

Murid dari kelopok umur yang lebih kecil ini sedang mencoba latihan tari menggunakan Kipas tari. Dalam berlatih mereka cenderung akan selalu mengikuti gerakan teman-temannya yang lebih besar.

Latihan Tari Menggunakan Kipas

Secara perlahan-lahan meniru, menghafal, mengingat, dan melatih gerakannya.

↑TOP↑